Kamis, 20 Januari 2011

AKU, BINTANG DAN DIA


            Malam ini aku kembali berjemur di bawah sinar bintang – bintang di langit. Bulan tak terlihat menerangi langit. Baguslah! Dengan begitu, bintang – bintang bisa dengan leluasa menyemburkan sinar kecil – kecil gemerlap yang menakjubkan. Aku senang sekali memerhatikan karya Tuhan yang satu ini. Agung, indah, dan sangat elegan. Walaupun tak satupun gugusan bintang dapat kutunjukkan dengan pasti nama dan perlambang apa, namun aku tetap sangat menyukai bintang – bintang.

            Malam ini bukan hanya bintang yang menemaniku, ada handphoneku yang setia bertengger di saku celana pendekku. Yap! Seperti remaja pada umumnya. Aku lagi asyik SMSan. Kali ini, dengan salah satu teman istimewa dalam hidupku. Seorang cowok yang sudah sejak TK menjadi teman sekelasku. He’s smart, tampan, dan berbeda. Aku berteman kadang sangat baik dengannya, kadang bersikap biasa. Hah! Emang rada aneh.
            ‘ngpaen tuch?’ tanyanya pada SMS yang pertama.
            ‘ge bengong. Napa? Kugh tumben ngeSMS?’
            ‘ga.’
            ‘wuiihhh, kenape sih Bro? Eh, katanya lu udah jadian ya sama Keila? Selamet ya!’
            ‘siapa yang jadian?’
            ‘ya elu!’
            ‘belom kali! Tapi kalo aku jadian ma dy, cocok ga?’
            ‘lu suka ga ma dy? Klo u suka, ya tembak aja. Ngapaen musti bingung?’
            ‘emang menurutmu, dy orangnya kayak gemana?’
            ‘hmm, dy pinter. Kayak lu bangetz. Dy juga baek ma aku. Emang siy temen2 bilang rada agresif, dy agresif kan karena pengen lu tertarik ma dy. Klo u suka, why not geto loh.’
            Dia, temenku itu, lama tidak membalas SMSku yang terakhir itu. Aku baca ulang aja lagi SMS yang tadi. Owh, dia nanyak tentang kecocokan. Aku SMS lagilah dia.
            ‘gini loh, Dit. Lu berdua itu udah cucok2 aje menurut gw, cuma perlu saling melengkapi aja. Seperti yang gw bilang tadi, kalo lu suka, ya tembak aja. Bodo amat sama kata orang lain. Semangat ya Bro! God blesses u!’
            ‘owh gitu. Thanks ya... met tidur. Sweet dreams,,’
            Pergulatan message malam itupun berakhir. Aku pandangin langit malam itu dalam hening. Kok rasanya dada ini sesak ya? Ahh, pasti karena kedinginan. Good night all, semoga apa yang kulakuin hari ini adalah yang terbaik yang memang harus terjadi untuk semuanya.
            Hari ini ada acara tour gitu di sekolah. Aku cuma mau cerita satu scene kecil yang terjadi di dalam bis yang terpusat padaku dan Radit.
            “Eh Dit, ngapain kamu disini aja. Sana gih! Deket – deket sama Keila sana!”
            “Ah nggak ahh, aku mau deket – deket sama kamu aja!”
            “Hyeee, dasar ganjen.”
            Pandangan matanya membuatku terpesona. Matanya lurus menatap mataku, bukan kearah yang lain. Dia bikin aku salah tingkah seketika. Biasanya kalau udah salah tingkah kayak gini, aku jadi rada jutek nih. Mengaburkan semburat merah karena malu, dengan semburat merah kemarahan. Aku baru sadar aku ternyata begitu munafik!
Satu hal yang kurasa saat itu. Aku merasa berbunga – bunga. Aku merasakan sangat senang. Aku senang dan tak tahu kenapa! Ada hubungannya dengan Radit yang seharian ini terus berkeliaran di dekatku kah? Ahh, kalau itu mah cuma perasaanku doank kali ya. Ash! Aku cuma keG-Ran aja kayaknya niy. Jelas – jelas menurut isu Radit itu lagi deket sama Keila, bahkan katanya mereka udah jadian. So, untuk apa aku menumbuhkan rasa untuk cowok yang sudah ada yang menggebet seperti itu? Tidak lucu, Nding!
Tapi aku tidak memungkiri perasaanku sendiri, aku menikmati perhatian yang Radit berikan kepadaku hari ini. Jarang – jarang ada yang cowok yang betah ngomong lama – lama sama cewek berlabel anticowok macam aku ini. Aku bersikap seperti biasa. Yaa, rada jutek, suka komen sinis, dan selingan sindiran pedas. Reaksi spontan bawah sadar yang selalu terjadi kala aku berhadapan dengan cowok yang terlihat mendekati aku. Tauk deh, dari dulu emang begitu akunya. Jadi bingung.
            “Dit!! Sana gih! Empet tau kursiku kamu nyender disini. Kamu ini ah!”
            “Nana jangan gitu donk,” kata Radit manja padaku.
            “Aduuhhh, kamu bikin aku pusing tauu, mau tak muntahin tu bajunya?”
            “Ayo sini. Akang temenin deh Neng Nana kalau muntah.”
            “Hadooohh, bebal banget ne orang!!!”
            Radit cuma cekikikan liat aku marah. Biarpun kucuekin, tetep aja dia keliaran diseputaran tempat dudukku. Oke! Dasarnya elu emang bengal. Gue cuekin aja lu ya Dit! Aku marah, tapi aku senang. Aku kesal, tapi hatiku terasa sangat hangat menyejukkan. Damai rasanya. Selalu begini jika berada di dekatnya. Hatiku mecelos.
            Malam – malam berlalu, hanya aku dan bintang. Handphoneku selalu kutinggalkan di dalam rumah. Aku hanya ingin merenung dengan bintang – bintang. Radit sudah jadian dengan Keila. Mereka bukan pasangan yang mesra di sekolah, bahkan tak terlihat seperti pasangan. Terlalu dingin. Keila selalu terlihat mendekati Radit tapi Radit selalu menjauh. Padahal kalau diluar sekolah, aku sering melihat mereka nongkrong bareng disuatu tempat gitu. Bikin ngiri aja! Bikin dadaku sesak aja ngeliatnya. Eh?! Sesak? Iya nih, kok aku jadi sedikit emosi gitu ya ngeliat kebersamaan mereka? Ahh, biasa! Jomblo sejati yang lagi menunggu kayak aku ene emang rada sensi ngeliat new couple kayak mereka.
            Setelah jadian, Radit makin jarang ngomong sama aku. Kebersamaan waktu di bis aja udah kayak dongeng yang selalu terkenang di ingatanku. Aku kehilangan dia? Kenapa? Dia kan cuma temen biasa aja kok.
            “Hey! Tiga bintang malam yang berderet disana! Apa sih yang aku rasain ini? Kok aku jadi gelisah gini? Padahal aku sama Radit kan udah temenan sejak lama. Apa aku iri sekarang dia udah punya pacar?”
            Aku bertanya terus pada bintang, walaupun sadar mereka tidak akan menjawabku. Keheningan terganggu dengan suara deruman sepeda motor. Kepalaku nongol dari balik pintu gerbang.
            “Eh? Radit. Tumben?”
            “Hmm, iya,” dia terlihat salah tingkah, kebat – kebit gitu, “Kamu udah buat PR bahasa indonesia?”
            Aku spontan tertawa, “Udah donk! Tumben nanyain PR, biasanya bisa buat sendiri.”
            “Bole liat nggak sebentar?”
            “Tunggu ya, aku ambil dulu. Eh ya, duduk dulu gih! Mau minum apa?”
            Radit menggeleng. He?! Tumben dia jadi polos begitu. Aku meninggalkannya sebentar di halaman rumah, mengambil buku PR. Kemudian kuserahkan padanya. Dia liatin sebentar.
            “Lagi liat bintang ya?”
            “Eh, elu liatin PR gue aje, enggak usah nanyak macem – macem.”
            Radit menatapku sayu. Seperti sedang kebingungan gituh.
            “Lagi ada masalah ya?” tanyaku melunak, tidak bercanda lagi.
            “Boleh aku jujur?”
            Bintang – bintang dilangit, saksikan apa yang akan dia katakan. Kalau dia permainkan aku, kamu saksinya ya! Orang kayak gini jarang seriusnya siy.
            “Aku selalu susah untuk bilang I love you ke kamu Nana. Tapi begitu mudah bilang ke orang lain,” kata Radit dengan nada frustasi.
            Aku tercengang, tapi satu hal yang membuatku tidak jatuh berkhayal terlalu lama, “Itu kamu baru bilang I love you padaku. Gampang deh kayaknya Dit.”
            Radit menatapku, kemudian memalingkan wajahnya. Ihh, kemerahan gituh!
            “Keceplosan ya?”
            Radit masih diem.
            “Hayo ngaku, keceplosan tuh tadi kan?”
            “Kalo iya kenapa?” tanyanya asal. Masing memalingkan wajah.
            “Whaaa, kalo iya, bagus deh. Berarti aku engga bertepuk sebelah tangan.”
            “Kamu juga?”
            Aku mengangguk dan nyengir kuda. Selanjutnya kami sama-sama membisu. Mematung. Membatu.
            “Eh. Ada yang mau dibicarain lagi?” pertanyaan tololku keluar lagi.
            Dengan tololnya juga, Radit mengangguk. Lalu permisi pulang. Pertemuan yang singkat, dan aneh, mengejutkan.
            “Kamu liat kan Bintang. Dia itu orang yang aneh,” kataku pada bintang dilangit yang betah membisu, “Apa dia engga mikir ya? Dia masih punya pacar. Aku mau digemanain nih?” serangan panik melandaku, “Lalu aku apanya dia donk?” waduw panik beneran nih gue sekarang!
Secepat kilat aku berlari ke dalam rumah untuk mengambil handphoneku tersayang. Mengirim sebuah message untuk Radit.
            ‘aku engga mau ganggu hubunganmu dengan seseorang. Lanjutin aja dulu sama dia. Aku janji aku nunggu kamu. Maximal 3 tahun. kalo kamu enggak menjemput hatiku, jangan harap mendapat kesempatan kedua! Nb : inget hapus message ne!’
            Bodoh ya? Aku tahu. Tapi hatiku lega setelahnya. Aku tidak mau menjadi bahan gosip. Aku tidak mau menjadi cewek perebut cowok orang. Lagipula aku belum ingin pacaran. So, ga masalah kayaknya. Yang penting aku tahu dia suka sama aku. Peduli amat itu bohong atau tidak. Yang penting aku suka!
            Kadang kamu enggak bakal ngerti apa yang hatimu inginkan. Tapi jika kamu berjalan beriringan dengannya, kamu akan tau yang terjadi saat ini adalah yang terbaik yang memang seharusnya terjadi. Cinta masa remaja memang irrasional.



            Cinta itu kadang seperti pendar bintang di malam hari, setitik namun bercahaya terus sepanjang jaman.



2009
W.S.T.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku tahu kamu memahami apa yang kamu ingin sampaikan dengan kata-kata. Aku tahu kamu orang baik dan tidak akan bersikap konyol dan kekanakan dengan berkomentar yang tidak sepantasnya. Aku percaya padamu, komentator.