Sabtu, 18 Februari 2012

P24: Pahlawan Naga Rollie Si Hebat


Happy Birthday Abang Roli aka Muhammad Ibnu Abdurrasyid As-sajidina!!! Yang ke-24 tahun!!! How old are you!! XD
Menggabungkan banyak clue itu memang tidak semudah berimaginasi biasa. Terutama kalo permintaannya pake acara “Salon itu trnyata markas gembong pengimpor daleman ilegal bermerek terbesar diindonesia, nah gw tentu aja jd jagoannya!” ==’ pertama, akuh belum pernah nulis cerita action ==’ kedua Bang, kenapa musti daleman sih? Gak bisa apa luaran gitu? ~,~
Semoga hasilnya ini tidak mengecewakan. Atau kalopun mengecewakan, semoga setidaknya tidak mengecewakan- mengecewakan amat *makse*.
Nb: Abang, dua part ini masih belum sesuai banget sama clue2 yg Abang kasi, tapi sisanya bisa diaturlah.. muahuahuahauhauha



Author’s mind
            Alkisah di sebuah galaksi lain nan jauh disana yang berjarak jutaan milyar tahun cahaya, terdapatlah sebuah negeri besar, makmur, adil, indah dan sejahtera yang bernama Negeri Naga Air versi 2012. Banyak yang bilang negeri ini punya hubungan dekat dengan film eh, Negeri Tutur Tinular versi 2011, tapi sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan keabsahannya. Sistem yang dianut bukan presidensial atopun parlemenpoor. Tapi sebuah sistem baru yang sangat mutakhir bernama sistem pemerintahan Kerajaan. Sangat keren kedengarannya.
            Raja yang memerintah saat ini adalah turunan raja Jayabaya dari Bumi. Entah bagaimanapun ceritanya, pokoknya turunan raja Negeri Naga Air versi 2012 dapat dibuktikan secara tes DNA memiliki hubungan genetik dengan raja di Bumi tersebut. Nama raja itu adalah raja Jayalah Selalu Indonesiaku. Beliau raja yang sangat sempurna. Memiliki banyak putri dan putra. Salah satu putri kesayangannya bernama Putri Naga Kuning. Putri cantik, cerewet, galak yang kesehariannya bekerja sebagai Super Princess Pembela Kebenaran dan Kebetulan.
            Saat ini raja terlihat duduk leyeh-leyeh di singgasananya. Seorang bawahannya yang berwajah mirip Daniel Radcliffe berdiri santai di sebelah raja. Sepertinya mereka sedang berdiskusi santai.
Alis kiri Raja menukik tajam, bibirnya kemudian bergerak menghembuskan suara, “Bima sakti?”
            “Iya Tuanku Raja,” jawab Daniel.
            “Sesakti apa dia?”
            “Siapa Tuanku?”
            “Bima! Yah Si Bima itu. Mana lebih sakti aku atau dia.”
            “Ampun Raja, so pastinya Tuanku Rajalah yang terkuat dijagat raya sealam semesta semua-muanya ini. Bima pasti tidak seberapa banding dengan Tuanku.”
            Raja tersenyum puas, namun kemudian berdiri sambil menatap keluar ruangan.
“Kau salah punggawa. Yang paling sakti adalah Tuhan.”
            “Oh iya Tuanku, lupa saya.”
            “Tadi kita membicarakan apa ya?”
            Dari kejauhan, kilatan petir berwarna kuning bergerak zig-zag mendekati singgasana raja. Warna kuningnya yang meredup menggambarkan keadaan inti kilat itu yang sedang muram durja.
            “Ayahanda. Saranghanda,” ucap Putri Naga Kuning yang ternyata barusan kembali dari transformasi kilat kuningnya.
            “Saranghanda? Apa artinya itu Anakku?”
            “Saranghae dalam bahasa Korea artinya cinta, Ayahanda. Tapi aku tidak tahu arti saranghanda,” jawab sang putri, “Ayah ini gawat!”
            “Ada apa anakku?” tanya raja, masih dengan gayanya yang santai, “Bukankah kamu kembali karena si Gayus Tambunan telah tertangkap? Bagaimana perjalananmu ke Bumi? Enak? Black hole apakah sarana transportasi yang aman?”
            “Aman Ayah. Hanya saja rasanya sedikit geli-geli gimana gituh saat badan ini masuk ke dalam black hole itu. Lain kali aku tidak mau lagi.”
            “Lah, kalau begitu apanya yang gawat?”
            Perlu diketahui Putri Naga Kuning dari Negeri Naga Air versi 2012 ini baru saja pulang dari bumi. Dia kesana untuk mengejar Gayus Tambunan karena penjahat paling jahanam yang konon katanya bisa merubah wajah sampai 500 milyar kali itu kabur ke bumi. Pengejaran Gayus berakhir dengan dijemput paksanya penjahat itu dengan menggunakan pesawat carteran super mahal bernama E70 Bisa!. Namun sayangnya, hal yang paling putri Naga Kuning takutkan terjadi sudah. Daleman kramat milik Negeri Naga Air versi 2012 yang dulu dicuri Gayus  ternyata tertinggal di Bumi, tempat si Gayus  berplesiran.
            Publik tidak boleh tahu hal ini karena akan menimbulkan kehebohan massal baik di twitter, facebook ataupun skype. Sebab konsekuensinya adalah jika dalam kurun waktu 30x24 jam Daleman itu belum ditemukan, Raja dan seluruh isi negeri akan kena kutuk. Untuk menghindari kutukan, seluruh isi negeri sama sekali tidak diperbolehkan memakai daleman. Apapun bentuk dan modelnya, daleman akan menjadi benda terlarang. Parahnya lagi jika sampai lebih dari setahun Daleman keramat menghilang dari negeri, jika setelah setahun  masih ada penduduk yang memakai daleman, maka kutukan keramat akan berlipat ganda. Bukankah dikutuk menjadi daleman seumur hidup terdengar tidak oke sama sekali? Ini sangat berbahaya. Benar-benar sangat berbahaya! Sebelum semuanya terlambat, Daleman keramat harus segera ditemukan!
            “APA? PUSAKA NEGERI TERTINGGAL DI NEGERI ANTAH BERANTAH ITU? BAGAIMANA JIKA PUSAKA ITU TERKENA LAVA GUNUNG MELETUS, UANG KORUPSI, LUMPUR LAPINDO, DIMAKAN ARWANA GEDUNG DEWAN ATAU TERSEREMPET XENIA NGEBUT? BAGAIMANA INI BISA TERJADI PUTRIKU?” ucap Raja keras-keras saking syoknya.
            Putri Naga Kuning menangkupkan payung yang tadi melindungi wajahnya dari hujan lokal, “Oleh karena itu Ayahanda, aku bilang tidak mau masuk black hole lagi. Pasti Ayah akan mengutusku pergi.”
            “Ow tentu iya!”
            “Tuh kan sudah kuduga. Tapi kan aku sudah bilang gak mau!”
            “Kalau begitu pertunanganmu dengan Pangeran Kwon Ji Yong akan dibatalkan!”
            “Ayahanda!” pekik putri dramatis tak terima.
            “Berangkat atau perawan tua?”
Akhirnya dengan berbekal kemampuan magic yang pas-pasan dan kadang suka macet-macetan, Putri Naga Kuning datang lagi ke Bumi untuk mencari daleman keramat pusaka kerajannya itu.          Daleman Sakti Anti Negoro Gonjang Ganjing.

Rollie’s POV
            Gue terbangun di pagi hari yang indah ini. Ritual pertama yang musti gue kelarin adalah menggelinjang hebat diatas kasur agar otot-otot yang tertidur selama bobok bisa menggeliat lagi. Oke, gue tau kalimat gue rimpong amir. Ritual kedua yang selalu gue usahain lakuin adalah mencoba kayang sambil nyeduh teh anget. Oh God! Kayang aja gue kagak bisa, begimane mau kayang sambil nyeduh teh. Tapi gue berusaha tetep ngelakuinnya. Setidaknya gue udah berusaha.
WARNING : Apapun yang kamu pikirkan jangan lakuin apa yang gue lakukan. Karena dari tadi gue coba, tapi gak bisa-bisa!!
            Sambil bergerak malas, jendela kamar gue buka satu-satu. Lumayan nih udaranya. Sayup-sayup gue mengdengar suara tipi yang ternyata sejak semalam belom gue pademin. Kasian tipi gue, dia sampe ngompres dewenya sendiri pake es. Well, tipi gue emang mandiri banget.
            Suara tipi terganggu sama suara tetangga sebelah yang ribut lagi, ribut lagi.
            “Gak musti gitu juga kan Kakak!”
            “Yah, kamu maunya gimana Dek?”
            “Yang seperti aku bilang tadi Kak!”
            “Gak ngerti ah, kalo yang itu gak boleh!”
            “Ngertiin dikit napa?”
            “Gimana mau ngerti kalo yang kamu minta itu jelek banget hasilnya?”
            “Jelek apanya sih? Untung kok!”
            Gue mengucek hidung gue yang kerasa gatel. Tetangga gue bukan sepasang suami istri yang mesra-mesraan panggilan sayangnya ‘kakak-adek’ tapi mereka emang sodara kandung beneran. Suara mereka masih terdengar samar-samar. Walaupun kita saudara tapi kalau udah gak sefaham dan udah gak mau mengerti satu sama lain, itu gak asik banget yah. Pagi-pagi bikin gue mikir keras. Gak asik banget mereka.
            “Betul, betul, betul!” sahut duo botak dari balik kaca tipi. Settt dah, pas amat yak jawabnya.
***
“Ih akang Rollie, tiap hari makin ok aje.”
            “Mau dipijitin gak pulangnya nanti?”
            “Pulangnya kita makan bareng yuk Bang.”
            Gue cuma bisa mesem-mesem digoda begini. Kalau cewek yang godain mah sembah sujud deh gue, apalagi kalo SinJo yang ngomong beuuhh sekarang juga gue bakal kayang! Tapi sayang sekali, bences-bences jahanam itu yang menggoda gue. Bukan wanita 100%.
            Ini memang agak sedikit bikin malu tapi cepat ataupun lambat kalian pasti bakal tahu. Gue kerja jadi tukang cukur di salah satu salon kecantikan paling terkenal di kota ini. Terkenal. Yah terkenal banget dengan bences-bencesnya yang terampil. Dan gue saat ini menjadi bagian dari keluarga besar salon terkenal ini. How Lucky tah? *nangis kejer-kejer*
            Daripada gue nganggur dan jadi bences beneran, jadi gue ambil aja kerjaan ini. Yang penting dapet gajinya halal, gak nyuri uang negara. Cuma ya itu...karena disekeliling gue bences semua jadi gue musti ekstra protektif sama kemachoan gue juga sama ke...ke...keperawanan gue!!
            “Ciripa, cepet panggilin Rollie suruh kesini!” kata Bos besar gue.
            “Eh rempong deh rempong amat cyiiinn, Liii lu dipanggil Bos tuh!”
            “Iye gue denger,” sahut gue, sesegera mungkin bergerak ke tempat Bos. Setidaknya Bos Besar gak sebences rekan kerja gue yang lain. Soalnya gue pernah liat dia ngomong sangar sambil nodongin piso tajem ke leher...tikus.
            “Ada apa Bos?”
            “Nganggur lu?”
            “Pan Boss yang bilang gue kerjanya langsung nerima perintah bos. Bos belum ada ngasi perintah ya gue nganggur deh.”
            “Diem lo gak usah jawab lebih dari satu kata!”
            Gue keselek.
            “Nganggur gak?”
            “Ya,” jawab gue. Ini perasaan jadi sedikit kagak enak.
            “Kalo gitu lo urus tuh pelanggan di kursi 2. Dia artis terkenal yang baru aja cere jadi agak sensi. Turutin semua maunya.”
            Perasaan gue jadi makin gak enak.
            “Turutin semua maunya bos?”
            “Gak mau? Karena pemecatan adalah hukuman yang biasa aja, jadi kalo lo gak bisa nurutin semua permintaan pelanggan, hukumannya adalah jadi manekin di butik gue selama 1 minggu. Pilih mana?”
            What the...jadi manekin dia? Ogah! Bisa gak lu pade bayangin apa yang bakal dia lakuin ke manekin-manekin yang dia punya? Kebayang gak lo apa yang bakal manusia setengah bences lakuin ke manekin hidup yang sepenuhnya laki ini? Sekarang lu pade bisa ngerti kan apa yang sangat gue khawatirkan? Iya! Gue takut badan gue kena sentuh tangan lentiknya. GUE TAKUT KENA GREPE! Ogah gue digrepe-grepe dia selama seminggu. Woogah banget! Amit-amiiiiitabachan.
***
Perasaan gak enak di hati gue belum sepenuhnya pergi. Sambil jalan ke tempat pelanggan mulut gue sibuk komat-kamit membacakan beberapa doa yang sekiranya bisa membuat gue terhindar dari petaka. Tapi semua bad feeling itu sirna setelah melihat siapa pelanggan di kursi no 2. Wuuu,, angin berhembus kencang menerpa helai demi helai rambut Olla. Yep yep! Tante Olla Ramlan adalah pelanggan yang duduk di kursi no 2. Aseeek!
            “Hai ganteng, kamu yang mau ngurus mahkota aku?”
            Gue masih susah nelen ludah gini eh dia udah mulai ngajak ngobrol aja.
            “Eh iya Tante.”
            “Ihh, kok Tante sih? Panggil Olla aja. Ok?” perintahnya sambil mengedipkan kedua matanya. Sedetik kemudian, Olla kembali bicara, “Nama kamu siapa?”
            “Rollie,” jawab gue samar-samar.
            “Oli?”
            “Rollie,” jawab gue dengan lebih tegas.
            “Wow!” pekiknya garang, “Kita jodoh ya? Ihh, Aku Olla kamu Rollie. Kamu ngerasa gak sih kalo nama kita mirip?”
            Gue cuma bisa cengengesan sambil bilang iya. Sial! Gue megang rambut artis! Olla! Olla Ramlan!
            “Vaaan, kapan-kapan gue kesini lagi musti Olly ini yang ngurus gue ya!”
            Olly? Gue? Olly? Manis banget.
            “Olly Kitty,” tambah Ciripa dari kejauhan. Matanya kedip-kedip seakan mau nerkam gue. Iii, gue bergidig ngeri.
            “Ivan Gunawan bosmu itu juga dulu sama kayak kamu tahu.”
            “Sama gimana, La?”
Jaaahh! Gue udah berani sebut nama dia kayak gue akrab gitu. Gue mau terbang ke langit ke tujuh duluuu yak.
            “Si Macho diantara bences-bences ini.” #jleb! Jangan bilang dia ngeramalin gue bakal jadi laki setengah wanita kayak bos juga nih dimasa depan nanti.
            Singkat kata dia cerita kalau dulu tantenya yang nguji Ivan. Ivan tuh ditantang buat membuktikan kemachoannya. Dengan cara gimana? Kayang. Ya! Kayang. Gue cuma bisa melengo bego setelah tahu ternyata pembuktian kemachoan seorang cowok itu bisa cuma dengan...kayang?
            “Kayang?” tanya gue agak gak percaya.
            “Iya! Cowok yang bisa kayang dengan sempurna adalah cowok yang macho!” katanya dengan ekspresi wajah geli seperti habis melihat sesuatu yang imut lewat, “Kamu coba kayang deh! Karena dari tampilan aja udah macho, pasti kayangnyapun oke nih. Ya kan Rol?”
            “Kkekkek, iyah yah..,” kata gue plangas-plenges.
Kayang.
Ini petaka! PETAKA! BENCANA! Rollie Si Jangkring seumur hidup udah rajin nyoba kayang tapi gak pernah bisa-bisa. Nah lo, sekarang gue musti kayang buat membuktikan kadar kemachoan gue di depan artis idola ini? Please Mbak Olla, gak ada cara lain apa?
            Gue pengen banget nolak permintaan absurb yang satu ini. Gue percaya, membuktikan kemachoan gak musti gini caranya. Pasti ada cara yang lebih jantani (merujuk ke kata manusiawi) daripada ini. Tapi kalo gue nolak, gue inget anceman cece Ivan. Jadi manekin seminggu. Jadi manekin seminggu. Jadi manekin seminggu. Gue ngebayangin gue digrepe sama gajah bengkak itu. Digrepe. Digrepe. Digrepe.
            Gue yakin gue bakal mimpi buruk malam ini.
            “Soreee,” sapa tujuh orang gadis kompak berbarengan.
            Leher gue berputar 180 derajat. Mata gue membulat, berbinar-binar. Mimpi buruk akan segera berakhir, pekik gue dalam hati.
            “Ada apa niiih?” tanya Vanila imut.
            “Ada tes kemachoan.”
            “Kayang?” potong PJ, sudut bibirnya tertarik sebelah. Mirip seperti orang kena stroke. “Kayang biar kelihatan macho? Tante Olla jadul amat sih?”
            Olla tak terima. Sebenarnya dia keliahatan banget pingin berdiri dan bicara sambil hadep-hadepan sama PJ, tapi apa daya dia lagi disteam rambutnya. Repot juga kalo cuma gara-gara bocah baru terkenal kemaren ini aja dia merelakan satu kali putaran creambathnya.
            “Kalo kita bertujuh bisa kayang, berarti kita macho?”
            Leher gue kembali berputar 180 derajat. Berarti udah kembali ke semula nih arahnya. Gue kok tiba-tiba merasa haru ya? 7icons lagi ngebela gue?
            Tanpa basa-basi PJ memberikan aba-aba ke kawan-kawannya. Ketujuh gadis itu langsung ngedance heboh dibarengi gerakan kayang selama beberapa kali. Kenapa ini malah jadi lebih keren daripada waktu mereka show di tipi ya?
            Air mata gue udah mau keluar nih. Tissue mana tissue.
            “Lo terselamatkan Rol,” kata Ivan sambil nepok pundah gue.
Sial! Gue jadi makin terharu!
            “Gak semua orang bisa nari dan gak semua orang bisa nyanyi. Nari bukan sekedar menggerakan tubuh dan nyanyi bukan sekedar melagukan kalimat. So kayang bukan berarti sekedar gerakan aja. Ada esensinya, sebagai ketua kelompok perkumpulan kayang is my life regio kanan, gue sangat gak terima sama tes kayang yang Tante ajukan itu.”
            “Wis rek rek kok rempong amat. Ya Udah Rollie gak usah kayang.”
Ah! Gak bisa gini! Gimana donk wibawa gue sebagai seorang cowok? Harga diri gue terselamatkan sekaligus terkungkung oleh kehebatan mereka. Mereka menyelamatkan gue sekaligus menjorokkan gue ke jurang. Gue diselamatkan dari tes aneh itu tapi gue jadi seperti cowok bego yang bahkan gak bisa ngelindungin dirinya sendiri.
“Guys!” sapa gue memecah aura tegang diantara para pelanggan, “Kita udah semestinya mencari dunia yang seharusnya kita emang berada di sana. Gak semua orang bisa kayang dan gak semua cowok sejati musti macho. Gue gak mau kayang, gak apalah gue gak dianggap macho begini,” ujar gue deg-degan, “Gue lebih percaya kayang itu buat orang di dunia perkayangan, bukan buat gue yang tidak berada di dunia perkayangan itu,” gue udah gak sanggup berkata-kata lagi. Semakin lama kenapa terasa kalimatnya semakin ngaco ya? Kemudian demi menyelamatkan diri, gue berlarian ke tempat paling aman di dunia. “Toilet mana, toilet.”
“ROLLIE!” teriak Olla menghentikan seribu langkah menuju toilet gue. “Ivan gak lulus tes itu,” gue tertegun sejenak, “Dia mau aja disuruh kayang.”
“Jadi ce Ivan gak lulus tes?” tanya gue membeo. Ini tes jenis apa sih? Kok gue jadi bingung gini yak?
“Itu cuma tes jebakan. Cowok sejati gak bakal begitu saja menuruti apa yang wanita inginkan walaupun itu wanita yang paling berharga baginya di dunia ini. Lo masih punya otak kan? Masih bisa berfikir kan? Bagaimanapun juga hidup ini adalah hidup lo, lo yang mutusin semuanya. Baik buruknya lo yang nanggung sendiri.”
“Tepat sekali Dik PJ. And you know, I love you Rollie!!”
Apapun maksud dari kalimat PJ 7icons sebelumnya, tapi gue langsung mimisan parah karena kalimat terakhir yang diucapkan Olla. I love you too Olla!!
***
Hari yang baik dimulai dengan doa yang baik juga. Apapun doa gue di pagi ini, gue berharap gak ada lagi istilah mencret-mencretan kayak kemaren lusa. Parahnya lagi, gak boleh ada kejadian daleman kebalik. Yep! Daleman kebalik!
“Kampret dah, kalopun daleman lu kebalik siapa juga yang bakal liat Rol? Musti ya ngedekep di dalem kayak gitu. Keluar lo! Gue juga butuh ini toilet!”
Ceritanya waktu itu gue masih kecil dan gue lagi minjem toilet temen gue buat nyetor sesuatu. Nah pas itu baru gue sadari ternyata, daleman gue kebalik man! Sejam gue ngedekep di toilet itu sambil bengong. Lebih baik gue disuruh tidur disini seharian daripada disuruh keluar dan menghadapi dunia. Gue gak kuat menahan kenyataan kalo ternyata daleman gue terbalik. Well, bagi beberapa orang ini bakal terlihat remeh dan lebay but bagi gue (dan mungkin beberapa orang lagi di dunia ini), insiden daleman kebalik adalah kejadian yang gak semestinya terjadi dan bisa berefek pada rasa percaya diri serta harga diri man! Laki-laki mana yang pake daleman aja bisa kebalik? Ini baru daleman, untung bukan otak. Memalukan banget pikir gue.
“Abang dipanggil Bos tuh!” panggil Mano, satu-satunya pegawai wanita di salon ini.
Gue acungin jempol gue ke depan wajah Mano.
“Di kantornya Bang.” ujar Mano lagi.
Sambil jalan ke tempat bos gue berfikir. Padahal wajah Mano dan namanya juga mirip sama Manohara tapi kok keberuntungannya berbeda ya? Manohara sempat sukses menjadi seorang istri pangeran kerajaan Kelantan, hidupnya mewah dan glamour. Sedangkan Mano yang ini, hidupnya pas-pasan, kerja di salon bences gini dan dia gak pernah sekalipun terlihat ikutan pesta-pesta gitu.
            Sampailah gue di depan Bos.
            “Lo turun ke gudang bawah! Ambil sekotak besar conditioner and shampo herbal yang biasa lo pake itu.”
            “Sip!”
            “Inget jangan sekali-kali lu masuk ke secret area yang ada di gudang bawah!”
            Gue manggut-manggut tanda mengerti. Secret area. Secret area cuma sebuah ruangan kosong. Jangan bilang siapa-siapa ya. Gue udah pernah masuk ke dalam situ dan tidak menemukan apapun disana.
            “Namun ternyata hari ini berbeda,” gumam gue tertahan. “Sapa lo? Ngapain lo ada di secret area ini?” tanya gue keras sedikit nyelekit.
            Makhluk kecil berpakaian serba kuning dan bersayap itu berbalik, menatap gue penuh selidik dan memeletkan lidahnya. Makhluk mini itu terbang di sekitar gue. Kayaknya lagi mengamati gue dengan seksama.
            “Makhluk apa sih lo?”
            “Namaku Putri Naga Kuning. Kamu kenapa bisa liat aku?”
            Gue cuma bisa menggedigkan bahu gue.
            “Berarti kamu sudah ditakdirkan untuk membantuku dalam misi ini. Siapa namamu?”
            “Rollie.”
            “Oli? Setahuku Oli itu pelumas motor deh.”
            “ROLLIE!”
            Makhluk yang mengaku putri itu berputar heboh di langit-langit ruangan.
            “Gak usah teriak kali! Telingaku sangat sensitif untuk suara sebesar itu! Oke Rollie, singkat kata kamu musti bantu aku buat nemuin Daleman keramat negeriku.”
            “Gue? Bantuin lo? Apa imbalannya?” tanya gue meremehkan, “Dan kenapa musti daleman coba?!”
            “Aku bisa bantu kamu untuk dapetin istri seorang Vietkong.”
            Tergiur! Eh tapi nding dipikir dulu deh. Gue musti memikirkan banyak hal dulu nih. Vietkong ato Indon? Ato yang lain? Cewek Somalia eksotik gak ya? Atau Zimbabwe? Lagi sibuk-sibuknya berfikir, tangan gue gak sengaja nyentuh salah satu bata yang nonjol di tembok. Mulut gue menganga lebar.
            “Kamu memang yang ditakdirkan untuk ini. Tapi yaa, terserah kamu juga sih ya mau ato gaknya.” kata makhluk itu, tetep sambil terbang kesana-kemari. “Mau ikut atau gak? Kalo gak, kamu bakal dihukum jadi manekin sama Bos kamu yang setengah jadi itu karena ketahuan melanggar perintah. Aku bisa bantu kamu lepas dari amukannya. Aku bisa bikin dia amnesia.”
            “Gue ikut!” jawab gue tegas. Kata manekin membuat perasaan gue jadi sedikit sensitif.
            Langkah kaki gue diiringi kepakan sayap Putri Naga Kuning memasuki sebuah lorong rahasia di dalam secret area yang terbuka lebar dihadapan gue. Tonjolan itu ternyata tombol ajaibnya. Dan, sepertinya petualangan absurd gue bakal dimulai disini deh. *nelen ludah*
***
Author’s mind
           
            Rollie tetap memaksakan kakinya melangkah maju walaupun semilyar keraguan masih anteng berkecamuk di dalam relung hatinya yang terdalam. Sesekali matanya menatap curiga ke mahkluk kuning kecil cerewet itu, sesekali memperhatikan jalan yang kelihatannya semakin becek saja. Ojek mana ojek.
            “Gue bingung. Lo makhluk darimana sih?”
            “Dari negeri Naga Air.”
            “Letaknya dimana tuh?”
            “Diluar Bima Sakti.”
            “Biksu Sakti?”
            Putri Naga Kuning mendengus kesal. Laki-laki ini boleh berpostur tinggi, berwajah eksotik dan macho (dilihat dari ketidakjadiannya kayang), tapi mungkin dia punya sedikit gangguan di bagian telinganya itu. Secara dari tadi diajak ngobrol juga cuma 50% yang nyambung jawabannya.
            “Eh! Biksu sakti itu dimana letaknya?”
            “Di barat, di kuil Leyin.” jawab Putri Naga Kuning sekenanya.
            “Auw!” teriak seseorang.
            Rollie dan Putri Naga Kuning saling berpandangan.
            “Adduuuh!!!” terdengar suara lagi.
Rollie terkesiap menyadari sesuatu.
            “Xin löi,” kata Rollie.
Bibirnya bergerak sendiri saat mengatakan dua pasang kata yang mungkin kedengarannya seperti ‘sirloin’. Nama steik ya?
            “Kau bisa bahasaku?” tanya seseorang yang mengaduh tadi.
            Samar-samar mulai terlihat siapa pemilik suara misterius itu. Seorang gadis cantik. Wajahnya manis. Gula sintetis sari gula mungkin kalah manis sama wajah gadis itu. Rollie menatap gadis cantik di depannya itu dengan seksama. Bibir gadis itu bergerak-gerak sensual seperti sedang menggumamkan huruf U. Kalau bahasa ABGnya yah itu namanya bibir yang lagi di manyun-manyunin.
            “Bahasa apa?” tanya Rollie penasaran. Matanya masih tidak mau lepas dari gadis itu.
            “Mbak, orang ini cuma asal bicara aja tadi. Saya yakin dia sedang kelaparan,” sahut Putri Naga Kuning, “ya kan Rol?”
            “Emang  itu bahasa apa tadi?” tanya Rollie makin penasaran.
            “Noh kan dia juga tidak mengerti.”
            “Vietnam,” sahut gadis itu sambil meringis, “Itu bahasa Vietnam. Tempat asal saya.”
            “Artinya apa?”
            “Maaf.”
            “Loh kenapa kamu minta maaf?”
            “Artinya sirloin itu’maaf’ gitu loh Rol!”
            Pas banget yah mau kesebut seperti itu.
            “Bang,” panggil gadis Vietnam itu.
“Ya kenapa?” tanya Rollie simpatik.
“Oh ya Mbak kenapa tadi teriak ya?” potong Putri Naga Kuning.
“Tolong, kaki saya jangan diinjek lagi.”
            Gadis Vietnam itu menunjuk kearah kakinya yang 50% sedang berada dibawah kaki Rollie. Rollie nyengir kuda kemudian segera mengangkat kaki kanannya tinggi-tinggi. Ternyata dari tadi gadis itu mengaduh karena kakinya digiles sama Rollie toh ya.
            Setelah kakinya terlepas dari gencetan kaki Rollie, gadis Vietnam itu bergegas lari dengan sedikit terseok kearah sebuah meja. Duduk santai di meja itu. Hey! Sejak kapan ada meja disitu.
            “Aku sudah lama terpenjara disini. Ivan itu orang jahat! Dia adalah gembong Daleman ilegal yang kiprahnya sudah terkenal sampai ke manca negara. Di ujung lorong ini ada sebuah bunker, di dalam bunker itulah semua rahasia Ivan tersimpan.”
            “Kenapa kau mengatakan hal itu kepada kami?”
            “Loh kenapa tidak?” tanya balik gadis Vietnam, “Kau Putri mini, kau perlu Daleman keramat kerajaanmu yang hilang kan? Di bunker itu kau bisa menemukannya, atau setidaknya menemukan clue untuk menemukannya. Dan kamu,” tangannya menunjuk ke Rollie, “kamu harus membantu Putri ini agar tidak bernasib sama sepertiku. Terkurung di lorong gelap ini.”
            “Gue bisa bantu lo keluar dari sini,” kata Rollie tegas, mengejutkan Putri Naga Kuning dan gadis Vietnam itu, “Ayo kita keluar sekarang!”
            “Gak bisalah,” jawab Putri Naga Kuning. Mata Putri Naga Kuning terlihat prihatin.
            “Aku harus ada disini seumur hidupku.”
            “Kok? Kan tinggal balik aja, keluar dari lorong ini terus tembus deh di secret area.”
            Putri Naga Kuning terlihat menepuk jidat Rollie, “Sadar woy!!”
Gadis Vietnam tersenyum misterius, “Bang Rollie, apa kamu tidak merasa merinding selama disini?”
            Saat itu juga Rollie menyentuh tengkuknya yang sudah berbuah-buah dari tadi. Kepalanya mengangguk.
            “Tadi pas menginjak kakiku, apa rasanya seperti menginjak kayu?”
            Rollie berfikir sebentar, kemudian mengangguk lagi.
            “Kamu tau kenapa?” tanya gadis Vietnam membuat kepala Rollie menggeleng keras, “Itu karena aku bukanlah manusia. Aku siluman tengkorak yang dikutuk untuk tetap berada disini seumur hidupku.”
            “Si...siluman tengkorak?” sahut Rollie tergagap, kakinya mundur selangkah, “Padahal gue kira lo manusia.”
            “Dulunya sih manusia. Dulunya aku cowok.”
            Rollie menelan ludahnya dengan susah payah, “Cowok?”
            “Iyah, aku dikutuk sama Ivan dan jadilah begini.”
            “Jangan bilang kamu nganggep mbak Vietnam ini cewek beneran? Jangan bilang kamu tertarik sama dia?” tanya Putri Naga Kuning heran, “Dari postur tubuhnya juga keliatan dia cowok,” sambungnya lagi, “Ahhh kamu liat wajahnya aja sih!”
            “Well, ini sangat susah untuk gue percayai,” kata Rollie pelan, matanya sibuk mengamati tubuh gadis Vietnam, “Gue juga gak ngertilah. Cuma yaahhh, ada kata-kata yang gak bisa lo ungkapin dengan kata-kata. Semua tentang perasaan, emosi dan hati. Jujur aja gue jatuh cinta pada pandangan pertama sama lo tapi gue langsung jatuh integritas gender pada pengakuan pertama lo. Gue demen sama lo, tapi setelah tahu dulu lo laki, sekarang gue udah gak demen lagi.”
            Rollie menepuk pundak gadis Vietnam itu, “Makasi untuk keterkejutan romantis yang lo kasi ke gue,” pandangannya teralihkan ke Putri Naga Kuning, “Let’s go yok!”
            Putri Naga Kuning terbang ke dekat telinga Rollie, berkata sambil berbisik, “Kayaknya kamu akan mencoret cewet Vietnam dalam daftar permintaan.”
            “Tapi gue udah masukin cewek Thailand ke list.”
            “Percaya deh sama aku. Jauh lebih susah membedakan waria Thailand dengan cewek asli sana dari segi muka.”
            “Lah terus bedainnya dari mana?”
            “Thaiboxing. Jahatin mereka, nah kalo kamu di tinju, berarti mereka waria.”
            Jakun Rollie bergerak lambat, menandakan betapa susahnya ia menelan ludah saat mendengar perkataan Putri mini itu.
***
            “Dimanaa~... dimana~ dimana~,” suara seorang gadis menggema disepanjang lorong.
            Sudah hampir tiga jam Rollie berjalan di lorong itu. Langkahnya dituntun oleh Putri Naga Kuning yang sudah terbang mendahului.
            “Gak boleh apa kita istirahat dulu? Capek juga nih!”
            “Kamu dengar suara orang nyanyi itu?”
            “Denger.”
            “Itu gadis penjaga bunker.”
            Gadis penyanyi itu terlihat sedang sibuk mengaduk sesuatu. Penampilan gadis itu oke, rambutnya di cat merah kepirangan, matanya menggunakan style eyeliner Korsel dan pakaiannya juga modis. Suaranya merdu, auranya menyenangkan. Hanya saja ada satu yang salah disini. Kenapa badan Rollie bisa penyek hanya dengan injakan kakinya saja? Kenapa ukuran telapak kakinya sebesar badan Rollie?
            “Duuaaa~~, sarimi isi dua~.”
            “To...tolong!” teriak Rollie dari lubang di bawah kaki gadis itu.
            Gadis itu mengangkat kakinya sebelah, melihat seorang makhluk mungil di bawah sepatunya, “Kamu terinjak? Mianhe, ya mianhe, sorry banget aku gak lihat kamu tadi. Kamu itu jatuh atau keinjek sih?” tanya gadis itu polos.
            “Jatuh karena takut keinjek,” jawab Rollie serak, “Hati-hati donk bawa kaki!”
            “Siapa kamu?” tanya gadis raksasa itu, matanya menatap Rollie dengan penuh minat.
            “Rollie. Kamu raksasa ya?”
            Gadis itu mengangguk seru. Tak lama kemudian ia bercerita tentang sejarahnya kok bisa jadi besar gini. Jadi dia tuh dulunya manusia biasa namanya IU (dibaca Ayu) karena dia suka pakai anting-anting makanya namanya jadi IU Tingting. Suatu hari dia dateng ke salonnya ce Ivan ini, nah pas dia lagi mau nyari letak toilet eh yang ada dia malah nyasar ke secret area. Ivan marah donk ya sama IU yang nyasarnya ke secret area. Jadi sejak itu IU dikutuk dan menjadi besar begini deh.
            “Ivan serem yah. Betewe lo gak sedih kekurung disini?”
            IU menggeleng keras, “Aku suka!”
            Putri Naga Kuning membisikkan sesuatu ke telinga Rollie, “Dulu boleh jadi manusia, sekarang kan raksasa. Kamu tahu, manusia dengan tubuh raksasa jauh lebih menakutkan daripada raksasa tulen. Manusia raksasa kadang gak nyadar dirinya udah jadi besar. Aku yakin kamu ingin banyak tanya lagi tapi lebih baik di stop deh. Daripada beneran kegencet kakinya itu?” jelas Putri Naga Kuning sambil menunjuk-nunjuk kaki IU yang segede pilar gedung MPR (gak tahu deh gedung MPR punya pilar ato kagak).
            “IU! Kita pergi dulu ya! Eh ya, lo tau gak ada dimana pintu bunkernya?”
            IU nunjuk ke sebuah tonjolan bata warna putih, “Pencet aja tombol itu nanti kebuka deh pintunya.”
            “Lo emang baik Yu!”
            Segera Rollie berlari ke dalam pintu yang dituju, memencet tombol dan buru-buru masuk ke dalamnya. Pas Rollie udah masuk, pintu itu ketutup lagi.
            “Udah di bunker nih Putri!” kata Rollie bahagia, tugasnya sudah hampir selesai, “Putri?” panggil Rollie lagi. “Kemana Putri Naga Kuning?”
            “Sik Asik! Asik asik!” pekik IU dari luar pintu, “Temenmu ketinggalan ya? Nikmati waktumu bersama mereka di ruangan khusus itu ya Rollie. Ini akan sangat menyenangkan.”
***
Rollie’s mind
            Apa ini? Gue ada dimana? Gue kenapa? Gue siapa? Sinta so nice itu istri gue gak? Sejenak gue ngerasa ingatan gue lenyap begitu saja. Apa iya gue klaustrophobia? Ahh gak nding, paling juga ini efek samping kengerian gue. Bagaimana gak ngeri coba? Ini nih ya, gue lagi kejebak di dalam ruangan 2x2 m bersama dua orang manusia yang sangat gue sanksikan gendernya. Bikin meragu gituh.
            “Kejebak ya?” tanya salah satu diantara mereka.
            Gue cuma berani manggut-manggut ngeri. Yah detailnya gini. Selain gue, ada dua orang lagi yang berdiam diri di dalam ruangan sempit ini. Mau bilang cowo, suaranya udah ngebass macho nih tapi kok ya cantik banget. Mau bilang cewek, gayanya juga udah cewek banget tapi ehem jambangnya itu loh, gondrong boo. Yang berjambang gue beri julukan Si Jambang. Yang cantik gue sebut Si Cantik aja. Gue yakin mereka ini bences.
            “Bingung ya?” tanya Si Jambang, gue manggut-manggut, “Kita imigran gelap. Pernah denger perompak Somalia? Gue mantan perompak. Pernah denger waria Thailand? Nah dia,” Si Jambang nunjuk ke Si Cantik, “Master thaiboxing nih.”
            Pelan-pelan gue nelen ludah. Gue takut kalo ketahuan nelen ludah, gue bakal langsung ditelen mentah-mentah sama mereka.
            “Gak bakal mudah keluar dari ruangan ini. Lo musti melewati kita dulu.”
            Dibandingkan diem di ruangan sempit sama ribuan pocong dan kunti, gue lebih ngerasa horor saat gue berada di ruang yang agak sedikit lebih lebar bersama bences-bences kelaparan kayak mereka. Mau tau kenapa gue bilang kelaparan? Noh liat matanya, gak lepas natapin gue dari atas sampai bawah. Noh liat liurnya, ngeces gitu. Apa yang mereka pikir tentang gue?
            “Ganteng disini aja sama kita.”
            “Boleh juga.”
            “Gak! Gue mau keluar!” bentak gue keras, membuat kedua bences ajaib itu terkejut. Saat itu juga gue nyesel udah bersuara keras dan menampakkan sisi cowok gue.
            “Bagus anak muda!” suara Si Jambang jadi macho abis sekarang.
Demi Tuhan gue makin migrain menghadapi kejadian absurd ini. Secret area, di dalamnya ada lorong rahasia, dipertengahan lorong rahasia ada siluman tengkorak berkebangsaan Vietnam, diujung lorong ada Raksasa IU Tingting yang membuat gue terjebak di ruang sempit yang dia bilang bunker bersama dua orang bences ini. Apa lagi selanjutnya?!
            “Kita udah lama gak liat laki-laki tulen kayak lo. Hari ini gue liat lo, rasanya luar biasa banget. Buat lo, cuma satu cara lepas dari pengamanan bungker lapis pertama ini.”
            “Apa?”
            Si Cantik mengedipkan matanya genit kearah gue, dan Si Jambang menatap gue dengan tatapan, “I want you babeh.”
            Tubuh gue membeku. Sinting! Gue mau ikut kesini karena gue gak mau dihukum jadi manekin sama ce Ivan dan digrepe dia. Nah lo sekarang ini, malah gue kejebak disini sama dua orang bences setengah jadi yang lagi kelaparan. Ini namanya menghindari kuburan, ketemu ruangan kremasi!! Salah! Ini namanya kabur dari kuburan, nyasar ke kamar mayat!!! Ini namanya very cool damn shit, you know?!
            Gue gak boleh gentar. Dengan sisa-sisa keberanian, gue bicara lagi, “Lo gak bisa macem-macem sama gue!”
            Si Jambang tersenyum puas kemudian berkata, “Dia bisa Thaiboxing loh!”
            “Dan dia gak bisa nahan nafsu,” sambung Si Cantik, “Lo kalah sama kita.”
            “Gue gak takut!”
            Disaat terdesak, laki-laki sejati memang akan lebih mengeluarkan kesejatiannya. Gak ada laki-laki normal yang gak ngeri digoda apalagi disandera gini sama bences, tapi gue harus kuat! Demi menjaga keperjakaan gue!
            “Gue gak takut! Gue bisa bikin lo pada jatuh bersimpuh nyium kaki gue!”
            Si Jambang tertawa sinis. Maju selangkah dan mengarahkan tangannya ke muka gue. Hiat! Gue menghindar. Gila! Ini bukan berkelahi, tapi menggrepe sungguhan!
            “Bences lo!”
            “Emang!”
            Giliran Si Cantik yang sekarang maju. Gerakannya lebih gemulai dari Si Jambang. Gatau deh asalnya darimana, Si Cantik melemparkan balon pink bentuk kodok ke arah gue. Kenapa harus ada BALON, dan berbentuk KODOK sih? Gue gak berani ngebayangin kalo balon itu meledak di depan muka gue. Itu pasti bakal sakit banget! Gue gak suka nih kalo udah begini ceritanya!
Dipuncak rasa takut, gue bergerak mendekati balon laknat itu. Mencoba mengenyahkan rasa takut gue dengan mendekati sumber rasa takut itu sendiri. Gue injek tuh balon kodok. Gak pecah! Gue coba injek lagi, belom pecah juga. Gue coba injek lagi, berusaha tidak mudah menyerah. Gue frustasi. Gimana gak frustasi.  ITU BALON KAGAK MAU PECAH JUGA, MAN!!
Dalam kefrustasian gue, Si Cantik kembali menyerang. Dia sempat menyentuh pinggang gue. Gue tepis tangan centilnya itu, lengannya gue tarik dan hup! Gue heran, bences itu kebanting dengan sukses. Senangnya lagi, dia kebanting tepat diatas balon laknat berbentuk kodok itu. Balon kodok itu pecah dengan sukses.
Well, gue gak suka balon, gue gak suka suara balon pecah, gue gak suka balon pecah di deket-deket gue. Kalo kena sakit tauk! Apalagi balon pecah yang suaranya mirip kodok. Gue benci balon, gue benci kodok! Tapi kali ini, gue merasat amat sangat senang mendengar balon itu pecah sambil mengeluarkan suara mirip kodok.
            “Hebat juga lo!”
            Gue masih sibuk mengamati Si Cantik yang....pingsan?
            “Temen lo pingsan, kasi minyak angin dulu napa?”
            “Ngapain gue musti peduli sama dia? Dalam hal mendapatkan lo, dia adalah saingan gue. Jadi bagus donk dia pingsan, jadi lo hanya akan menjadi milik gue.”
            Ehh seeet dah, kalo gue anak cewek dan Si Jambang adalah anak cowok yang cool nan tampan mungkin gue bakal langsung jatuh hati sama dia. Untungnya, situasi ini gak seromantis itu. Wogah gue jadi milik makhluk undescription gitu!
            Si Jambang bergerak, men-tackle tangan gue, berhasil membuat gue berada diposisi paling dekat dengannya. Owww!!! Bauuu jigong, man!! Gue bisa pingsan membaui bau jigong ini!
            “Bagaimana serangan bau gue?”
            Disaat kesadaran mulai hilang timbul, kaki gue bergerak ringan menarik kaki Jambang dan membuatnya terpelanting ke depan.
            “Sakit juga kebanting gini.”
            Tangan Si Jambang bergerak lagi. Gue mulai waspada.
            Gue perhatiin dengan seksama kemana arah gerakan tangannya. Ternyata kearah....lubang hidung? Oh please deh jangan bilang dia mau....
            “Serangan upiilll!!!” teriak Si Jambang lantang diiringi pentalan beberapa buah buntalan upil kearah gue.
Dengan jijik gue menggapai tubuh Si Cantik dan menjadikannya tameng. Iii, gue liat pakaian Si Cantik meleleh. Gila! Upil jenis apa nih? Upil apa air keras? Kalo kena muka gue yang ganteng ini apa jadinya?
            “Sorry ya Ces,” kata gue kepada Si Cantik.
Secepat kilat gue melempar tubuh bences kolaps itu kearah Si Jambang. Tepat kena sasaran! Si Jambang terlihat pusing. Hebat! Sejak kapan gue punya kekuatan super hero begini?
Sebelum kesadaran Si Jambang kembali sepenuhnya, gue serang dia dengan pakaian yang dipakai Si Cantik. Pakaian yang isi upilnya sendiri itu!
Si Jambang sukses teriak kesakitan dan pingsan.
            Coba kalian bayangin. Seandainya manusia punya 8 bolongan hidung. And see, what the hell will goin on? Lebih gilanya lagi, coba kalian bayangin seandainya kedelapan lobang itu menghasilkan upil berkekuatan air keras kayak gitu? Bukan what the hell will going on lagi tapi udah here’s the hell jadinya.          
            Plok! Plok! Plok! Bunyi tepuk tangan menggema diruangan kecil itu.
            “Kamu hebat ya!”
            Mano? Ya! mano muncul dengan Putri Naga Kuning. Putri mini itu lagi bawa apa tuh?
            “Naga.”
            “Lo bisa baca pikiran gue?”
            “Bang Rollie gak apa-apa?” tanya Mano seraya membantu gue membersihkan debu yang ada di wajah gue. “Mano kira Abang udah habis nih sama dua bences ini.”
            “Mereka pingsan. Tak kusangka, banyak manusia seperti ini di bumi,” kata Putri geleng-geleng kepala. “oh ya, udah kusiapin naga tuh.”
            “Naga?!” teriak gue antusias, “Kita bakal naik naga?”
Wow! Keren! Gue bisa ngelangkahin Raditya Dika nih dalam hal menaiki naga.
“Naga mana Naga?”
Mano tertawa melihat tingkah gue yang kayak kesurupan nyariiin naga.
“Gon! Berubah jadi besar gih cepet!”
Batu kecil yang dipanggil Gon sama Putri mendadak bersinar dan terlihat membesar.
Naga itu benar-benar ada guys! Dan sekarang lagi berdiri anggun di hadapan gue.
Sinar itu mulai meredup, mulai menampilkan sosok pekat makhluk yang disebut-sebut naga oleh Putri. Naga itu berwarna ungu, taringnya menjulur tajam, punggungnya berkilauan, jambulnya punky abis, kakinya ada empat dan bersepatu emas.
“Wooow!” teriak gue masih sangat takjub.
“Ayo cepat naik!”
Ahh, gue musti mastiin sesuatu!
“Putri! Kenapa gue musti ikutan susah sama kesusahan lo? Kenapa gue musti ikut ekspedisi ini?”
Gue baru ingat. Mustinya gue gak ikut campur sejauh ini. Pas pintu lorong kebuka, sebenarnya gue bisa aja langsung pergi ambil conditioner and shampo herbal, kemudian pura-pura tidak tahu apa-apa. Gak usah kepancing sama isu manekin yang dilontarkan Putri.
“Jangan menyusahkan orang lain dengan kesusahan yang lo miliki!”
Putri Naga Kuning tertegun.
“Maaf,” hanya kata itu yang diucapkan Putri, “Maaf aku sudah membuatmu ikutan susah. Maaf aku sudah bikin kamu terperangkap disini. Aku awalnya memang sengaja bikin kamu ikutan ekspedisi ini.”
“Kenapa?”
“Aku gak sanggup sendirian. Selama beberapa hari aku merhatiin kamu di salon itu. Kupikir bagus juga kalau aku ajak kamu. Maaf ya.. Kalo kamu mau balik....”
“Gue udah masuk disini juga. Gue kudu nuntasin apa yang udah gue putusin untuk gue jalanin. Jadi gue bakal ikutan ekspedisi lo ini sampai selesai!”
Gue bisa merasakan aura orang keren melikupi diri gue saat ini. Gue tulus dan serius ngucapin kalimat itu. Udah kepalang basah gini, ayo maju terus!
“Makasi Rollie!!” pekik Putri Naga Kuning seraya terbang heboh keliling ruangan.
“Tapi lain kali lo gak boleh gini lagi!”
“Ok Bos! Nah Gon! Dobrak tembok itu!”
Gon Si Naga langsung bergerak kearah tembok dan menabraknya dengan keras. Terpampanglah sudah di hadapan kami sebuah ruangan super duper sangat luas. Yang gak enaknya, ruangan itu penuh dengan daleman. Gudang daleman?
***
I'm thinking, when I'm doing nothing!” teriak gue ke Putri Naga Kuning yang cerewet dari tadi.
            Makhluk mini itu terus mendesak gue untuk ikutan mengubek-ubek segudang besar daleman yang ada diruangan itu. Itu juga si Mano kenapa mau ikut-ikutan berenang di lautan daleman sih? Siapa tahu aja ini daleman bekas, bekas pakai orang. Jijik gak sih kalo dipikir gitu?
“Apa yang lo pikirin?”
“Apa?” tanya gue balik.
“Kok malah balik nanyak?”
“Oh ya, gue mikirin kenapa gue gak gerak-gerak juga. Kenapa gue males banget gerak dan kenapa gue gak mau ngikutin apa yang lo mau."
            “Ayolah Rollie tinggal selangkah lagi. Udah disini dan tinggal nemuin dalemannya aja!”
            “Well tunggu, biarin gue berfikir,” kata gue sambil kembali berfikir, “Aha!”
            “Apa?”
            “Daleman pusaka kan? Keramat kan?”
            “Yalah keramat!”
            “Lah, benda keramat pasti punya mantra keramat juga kan?”
            Putri Naga Kuning terlihat sumringah. Ia terbang keatas kepala gue dan menjambak rambut gue.
            “Siallo! Sakit!!!”
            “Jenius! Rollie jenius!!”
            Jenius? Mengingat kata itu gue jadi ingat orang-orang dulu suka bilang gue indigo. Dan gue percaya gue itu anak indigo. Yah walopun gue gak tahu apa kelebihan gue sebagai anak indigo selain mengalami fase jenius yang tidak permanen ini.
            “Omong-omong soal jenius, gue dulu itu dibilang anak indigo. Karena keindigoan gue, gue jadi punya obsesi buat menguasai dunia. Maksudnya, gue buat dunia sendiri dan gue kuasai.”
            “Kenapa lebih terdengar seperti anak autis ya? Punya dunia sendiri.”
            “Oh! Autis ya bukan indigo?”
            “Ah! Bego ternyata dia.”
            “Tadi kita bicaraain apa ya?”
            “Autis.”
            “Bukan! Sebelumnya.”
            “Mantra.”
            Putri Naga Kuning kembali terlihat sumringah dan lagi-lagi terbang keatas kepala gue kemudian menjambak rambut gue. Setelah puas menjambaki rambut gue, Putri mini itu langsung terbang keatas Gon. Mulutnya komat-kamit mengatakan sesuatu. Mantra mungkin.
            “Itu dia!” kata Putri kemudian, “Dia ada disana, diatas tumpukan berwarna biru. Daleman paling bersinar yang ada di ruangan ini. Daleman Sakti Anti Negoro Gonjang Ganjing milik Negeri Naga Air.”
            Gue dan Mano melangkah kearah tumpukan biru yang terlihat bersinar. Kita kompak mengangkat beberapa tumpukan daleman yang ada disitu.
            “Mano sekarang kurusan ya?” kata gue memulai pembicaraan.
            “Masa sih Bang?”
            “Rambutnya dipotong ya?”
            “Iya nih Bang, bagus gak?”
            “WOY!! CARI BENERIN JANGAN FIRLTING GITU!!!”
            Daleman terakhir berhasil diangkat. Mata gue silau melihat Daleman Keramat yang akhirnya ketemu juga itu. Gak jauh beda dari daleman-daleman lain, bahkan ada yang lebih heboh bentuknya daripada Daleman Keramat itu. Cuma ternyata daelam itu....
            “Setidaknya di negeri Naga Air, aku adalah daleman paling kece sepanjang keberadaan negeri itu.”
            Gue dan Mano cuma bisa bengong bego.
            “DALEMAAAAAN!!!” pekik Putri. Ia terbang heboh kearah daleman dan melakukan putaran Kuch Kuch Hota Hai diudara dengan Daleman, “Sudah lama aku mencarimu!!”
            “Eh tunggu putri! Aku pake wujud manusia setengah naga kayak kamu aja deh. gak enak kan kangen-kangenan sama daleman.”
            Secara ajaib, daleman itu berubah jadi makhluk mini mirip Putri Naga Kuning tapi bedanya dia berwarna biru dan terlihat seperti laki-laki.
            “Kenapa pas Gayus ditangkap dan pulang kamu gak ikut??”
            “Aku kepentok pintu pesawat waktu itu, pingsan trus ketumpuk sama daleman murahan warna biru itu. Untung kalian dateng kalo gak, mungkin aku sudah gak suci lagi, sudah jadi daleman biasa yang dipake orang-orang kali ya,” ujar Daleman Keramat sambil bergidig ngeri.
***
            “Seseorang datang,” kata Daleman Keramat, “Laki-laki eh bukan, eh laki-laki beraura wanita, bertubuh besar.”
            “Ce Ivan!” pekik Mano ngeri, “Kita tidak boleh terlihat!!”
            Gue langsung ingat sama manekin. Mata gue spontan mencari keberadaan Putri Naga Kuning. Gue gak mau digrepe lagi!
            “Tenang aja, aku bisa bikin kita jadi invisible.”
            Daleman berubah ke wujud aslinya lagi dan komat-kamit.
            “Udah invisible?”
            “Udah,” jawab gue lesu.
Gue kira invisible gimana eh kitanya cuma pindah tempat ke balik meja besar. Gak keliatan sih, tapi ini mah sembunyi namanya!
            “Usaha ini begitu menguntungkan!” kata ce Ivan ke salah satu orang yang diajaknya datang, “Kita sudah didaulat menjadi raja pengimpor daleman ilegal bermerek paling sukses di Indonesia!!”
            “Daleman ilegal?”
            “Pelanggan tidak pernah tahu kalau 50% dari daleman-daleman ini adalah barang second.”
            “Nah kan bener apa kata gue!”
            Mano dan Putri Naga Kuning terlihat menggosok-gosokkan tangannya ke tembok. Daleman Keramat malah lebih heboh, dia menggesekkan seluruh tubuhnya ke tembok. Maklumlah, secara dia kan tadi terbenam di bawah daleman-daleman illegal yang 50%nya adalah barang second itu.
            “Gue punya Detol Hand and Sanitizer? Mau?” tanya gue, dijawab dengan serbuan mereka, “Lumayan buat ngebunuh bakteri.”
            “Aku gak suka ada orang yang bermain-main dengan daleman,” ujar Daleman Keramat, “Meninjak-injak harga diri bangsaku namanya!”
            “Kalo lo mau, gue bisa bantu sesuatu,” ujar gue tapi agak sial sedikit karena saat gue ngomong, tangan gue menyenggol sesuatu yang membuat meja tempat kami sembunyi terbalik. Terang sudah, terlihatlah kita sama ce Ivan dan kawan-kawannya.
            “Kalian?” pekiknya heboh, “Berani-beraninya!!”
            Mata ce Ivan mengeluarkan laser, memotong setiap inci benda yang kami lewati saat berlari mengindari laser itu.
            “Berubah!”
            Siapa tuh yang teriak berubah?
            “HIIIAAAT!!” teriak Mano yang sudah....berubah? Hey! Mano jadi Supergirl!
            Mano berhasil menumbangkan kawan-kawan Ivan. Namun saat berusaha menyerang Ivan, sekali kibas Mano sudah terpelanting jatuh ke tembok di belakang gue. Sigap gue berlari kearahnya dan membantunya berdiri.
            “Aduh!” rintihnya, “Keseleo,” ujarnya lagi, “Abang tinggalin aja aku disini. Aku gak apa-apa. Abang pergi cepat! Keluar! Selamatkan diri abang.”
            Dramatis.
“Gak bisa gitu Mano!” kata gue sambil memapahnya.
“Gak Abang. Udah pergi sana!”
“Jijik sama adegan melankolis gini,” ujar Putri Naga Kuning.
“Mano yang malang. Lo mustinya mati! Kasir gak tau diri!”
“Sialan lo Ivan!”
            “Eiy! Lo yang sialan masuk ke ruangan rahasia. Hebat juga kalian bisa lepas dari lorong maut itu! Terkutuklah lo Rollie!”
            Laser mata Ivan kembali menyala. Gue nyaris kena, untung Gon cepat terbang kearah gue. Sekarang gue dan Mano udah aman berada diatas punggung Gon. Gue gak bakal pernah maafin siapapun yang nyakitin cewek cantik nan baik hati kayak Mano gini.
            “Eh bences! Gue gak terima lo nyakitin Mano!” kata gue.
            “Emang lo bisa apa?”
***
Author’s mind
            “Gue bisa apa aja asal gue pengen,” lawan Rollie. Wajahnya mengeras, giginya gemeretak. Apa iya orang ini serius mau ngelawan Ivan?
            “Emang lo bisa apa?”
            Rollie melemparkan sesuatu ke wajah Ivan.
            “AAAAAAR!! AAGGGH!! Muka gue!!” teriak Ivan kesakitan. Diwajahnya masih menempel secarik kain yang dilempar Rollie tadi.
            “Huh! Gak sia-sia gue nyimpen baju Si Cantik yang kena upil Si Jambang tadi.”
            “AARRGGH!!” Ivan masih teriak-teriak menggelikan. Apa iya sakit banget?
            “Berisik lo ah!” kata Daleman Keramat.
Daleman mengeluarkan segenggam debu dari sakunya dan menabur debu itu diatas Ivan yang masih teriak-teriak.
            “AARRGHH!! AAARRGHH!! AAAAA..........”
            Suara Ivan menghilang.
            “Ke...kemana dia?” tanya Mano tergagap.
            “Udah jadi abu. Tadi itu udah langsung dikremasi,” jawab Daleman Keramat enteng.
            “Jadi, udah? Gini aja nih petualangan kita?”
            “Yup yup!!”
            Rollie langsung jatuh lunglai mendengar jawaban Putri Naga Kuning. Lega rasanya petualangan ini kelar juga. Mano saking senengnya sampe berkali-kali menjabat tangan Rollie. Rollie menatap Putri Naga Kuning.
            “Jadi setelah ini mo balik?”
            “Begitu deh.”
            “Gue doain Daleman sadis itu gak hilang lagi deh.”
            “Makasi ya Rollie!!” pekik Putri Naga Kuning.
***
            Ekspedisi berakhir. Saat itu setelah melihat Putri Naga Kuning, Gon dan Daleman Keramat masuk ke black hole, Rollie langsung bergegas menelepon polisi. Kasus kelar dan Rollie kembali ke kehidupannya yang semula. Bedanya, saat ini Rollie punya Mano di dekatnya, punya kenalan Olla Ramlan yang bisa bantu dia kapan aja dan 7icons tentunya yang gak bosen-bosennya ngebela dia.
            Sebagai pengungkap kasus daleman second illegal, Rollie mendapatkan kompensasi berupa rumah dan modal membuka usaha. Arrrgh, ini sih namanya kehidupannya membaik tho?
            “Kadang gue kangen masa saat gue beradegan action. Sambil jumpalitan nyelamatin gadis yang gue sukai,” kata Rollie kepada Mano, “Well, kalian yang pernah kehilangan, pasti tau bagaimana rasanya kerinduan yang tak terbalaskan.Sekarang ini gue jadi rindu sama Putri minni itu. Lumayan siapa tahu kalo ketemu dia lagi, keberuntungan gue bisa jadi berlipat ganda.”




TAMAT



Nb: ending yang gajebo. Tapi setidaknya kelar juga ini FF. Untuk banyak keterlambatan dan kekurangan, aku minta maaf ya Abang. Mau ku publish di blog, boleh tah?”

2 komentar:

Aku tahu kamu memahami apa yang kamu ingin sampaikan dengan kata-kata. Aku tahu kamu orang baik dan tidak akan bersikap konyol dan kekanakan dengan berkomentar yang tidak sepantasnya. Aku percaya padamu, komentator.